Cyberbullying

Arti dari Cyberbullying

Cyberbullying adalah penggunaan Internet dan teknologi lainnya dengan cara komunikasi yang berusaha untuk mengintimidasi, mengontrol, atau mempermalukan atau melecehkan orang lain, secara berulang-ulang, dan dengan sengaja. Hal ini telah menjadi kebiasaan umum didalam masyarakat, khususnya dikalangan orang-orang muda, banyak kampanye kesadaran telah muncul untuk memeranginya.

Cyberbullying didefinisikan dalam daftar istilah hukum sebagai

tindakan yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk  mendukung disengaja, berulang, dan perilaku bermusuhan oleh seorang individu atau kelompok, yang dimaksud kanuntuk menyakiti orang lain atau orang lain.
penggunaan teknologi komunikasi untuk tujuan merugikan orang lain
penggunaan layanan internet dan teknologi mobile seperti halaman web dan grup diskusi serta instant messaging atau pesan teks dengan maksud merugikan orang lain.
Metode yang digunakan
1. Berpura-pura mereka adalah orang-orang lain secara online untuk mengelabui orang lain
2. Penyebaran kebohongan dan rumor tentang korban
3. Mengirim pesan singkat yang berisi tentang hal yang buruk/jahat.
4. Mengirim gambar korban tanpa persetujuan mereka.
Penegakan hukum: cyberbullying, cyberstalking dan pelecehan elektronik

Sekolah

Inisiatif dan persyaratan kurikulum juga ada diInggris dan Australia Pada tahun 2012, sekelompok remaja di New Haven, Connecticut mengembangkan sebuah aplikasi untuk membantu memerangi bullying. Disebut “Back Off Bully” (BOB), aplikasi web adalah sumber anonim untuk komputer, ponsel pintar atau iPad. Ketika seseorang saksi atau korban bullying, mereka dapat langsung melaporkan kejadian tersebut. Aplikasi ini menanyakan tentang waktu, lokasi dan bagaimana intimidasi yang terjadi. Serta memberikan tindakan positif dan pemberdayaan atas insiden, informasi yang dilaporkan membantu dengan pergi ke data base dimana administrator mempelajarinya.

Perlindungan Bagi Korban Segala Usia

Ada undang-undang yang hanya menangani pelecehan online anak-anak atau fokus pada predator anak serta hukum yang melindungi korban cyberstalking dewasa, atau korban dari segala usia. Saat ini, ada 45 cyberstalking (dan yang terkait) yang berada didalam buku perundang-undangan

Penelitian Cyberbullying

Kanada

Sebuah penelitian di Kanada menemukan:

o 23% dari pelajar menengah atas yang disurvei telah diintimidasi melalui e-mail
o 35% di chat room
o 41% oleh pesan teks di ponsel mereka
o Sepenuhnya 41% tidak mengetahui identitas para pelaku.

Amerika Serikat (Sept, 2006)

ABC News melaporkan hasil survey pada thn 2004 dengan melibatkan 1.500 siswa yg duduk dikelas 4-8

o 42% dari anak-anak telah diintimidasi saat online. Satu dari empat anak mengaku itu terjadi lebih dari sekali.
o 35% dari anak-anak telah diancam secara online. Hampir satu dari lima kejadian telah terjadi lebih dari sekali.
o 21% dari anak-anak telah menerima e-mail atau pesan lain yg berisi ancaman
o 58% dari anak-anak mengakui seseorang telah mengatakan hal yang menyakitkan secara online. Empat dari sepuluh siswa mengatakan itu telah terjadi lebih dari sekali.
o 58% belum memberitahu orangtua atau orang dewasa tentang sesuatu yang menjelek-jelekan atau menyakitkan yang terjadi secara online.
Korban-Korban Cyberbullying
Amanda Todd

 bunuh diri pada tanggal 10 Oktober 2012 diusia 15. Sebelum kematiannya, Pada tanggal 7September 2012 Todd telah memposting video di YouTube dimana dia menggunakan serangkaian kartu flash untuk menceritakan pengalamannya diperas, diintimidasi dan diserang secara fisik.

 http://www.youtube.com/watch?v=LfwKHlBjPWs

Megan Meier

Bunuh diri padatahun 17 Oktober 2006 diusia 13tahun. Bunuh  diri yang ia lakukan dikaitkan dengan cyber-bullying yang diterimanya lewat jejaring sosial MySpace.

Ryan Patrick Halligan

Bunuh diri pada usia 13tahun pada 7 oktober 2003. Ia mengakhiri hidupnya setelah diintimidasi oleh teman temannya dalam kehidupan nyata dan cyber bullying online. Menurut Associated Press , Halligan berulang kali menerima pesan instan, danmengancam, mengejek dan menghina terus-menerus“.

Legislasi terhadap cyberbullying

AmerikaSerikat

Hukum cyberbullying telah diperkenalkan disejumlah negara bagian AS, termasuk New York, Missouri, Rhode Island dan Maryland. Padabulan Agustus 2008, badan legislatif negara bagian California membuat hukum pertama dinegara itu yang Berhubungan dengan cyberbullying. Yaitu Undang undang Majelis Bill 86 2008, Undang-undang ini mulai berlaku 1 Januari 2009.

Penelitian tentangundang-undang pencegahan

Para peneliti menunjukkan bahwa program dibuat untuk pencegahan cyberbullying. Program program ini akan dimasukkan ke dalam kurikulum sekolah dan akan mencakup keamanan online dan instruksi tentang bagaimana menggunakan internet dengan benar. Ini bisa mengajarkan korban metode yang tepat berpotensi menghindari cyberbully, seperti memblokir pesan atau meningkatkan keamanan pada komputer mereka .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s